Sabtu, 07 Februari 2009

Sejarah Buku

Sejak kapan ya buku itu ada? sejak dulu kala jawabannya. Ya..buku sudah ada sejak dulu kala hanya saja buku yang diartikan sebagai tempat untuk menulis ini tidak berbentuk kertas. Mana ada kertas zaman dulu. Mereka menulis tulisan mereka di batu, tanah liat, bahkan daun pohon. Mau tau sejarahnya lebih jelas?

Buku Antik

Alat komunikasi tertua manusia adalah ucapan dari mulut ke mulut. Belum ada tulisan dan bacaan. Lama-kelamaan ucapan tersebut menjadi gambar juga tulisan. Manusia zaman dulu menulis dimana saja, mulai dari batu, pohon, tanah liat, dan kulit binatang. Tulisan yang beraturan secara alpabet baru ditemukan sekitar 1800 SM di Mesir.

Gulungan Daun Papirus

Pada zaman Mesir kuno, manusia menggunakan daun dari tumbuhan papirus untuk tempat menulis. Buku ini berbentuk gulungan. Buku gulungan ketika itu juga dipakai di kebudayaan Yunani, Romawi, Cina, dan lainnya.

Codex

Codex disebut juga sebagai kumpulan naskah kuno yang berisikan tentang ajaran agama. Codex sendiri diambil dari bahasa Latin, yang berarti blok kayu. Buku diwaktu itu terbentuk dari blok kayu yang diatasnya dilapisi lilin. Kelebihannya adalah Codex ini dapat dipakai ulang. Ketika mau menulis yang baru, lapisan lilinnya dipanasin sehingga meleleh dan kosong, kemudian baru menulis.

Manuskrip

Manuskrip juga tergolong naskah kuno tetapi lebih rapi daripada Codex. Manuskrip dimulai ketika Kerajaan Romawi mulai runtuh pada abad kelima. Ketika itu papirus susah didapat karena Romawi kehilangan kontak dengan Mesir penghasil papirus. Maka mereka menggantinya dengan kulit binatang sebagai tempat menulis yang sampulnya terbuatu dari kayu.

Incunabulum

Diambil dari bahasa Latin incunabula. Artinya, buku pertama kali dicetak sebelum tahun 1501. Buku ini bukan tulisan tangan seperti Manuskrip, tetapi sudah dicetak. Terdiri dari dua macam yaitu block book dan tifpgrafi. Block book terbuat dari satu pahatan sering disebutjuga xylographic, sedangkan tipografi adalah cetakan yang ditekan dan dapat digerakan.

Kertas

Pembuatan kertas sebenarnya sudah dimulai sejak abad ke-11. Tapi sampai abad ke-16 kertas kulit masih banyak dipakai. Setelah abad ke-16, kertas baru dipakai secara missal. Kertas kuno sebenarnya telah ditemukan di Cina 200 tahun SM. Tapi tulisan di kertas yang jadi buku baru dimulai abad 11, dan pabrik kertas pertama kali berdiri di Spanyol tahun 1120.

Modern

Kemajuan tekologi membuat buku berkembang pesat. Mulai abad ke-18 dan 19, buku masih memakai bahan gabungan seperti sutra. Tetapi sekarang buku terbuat dari kayu.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar